Selasa, 23 Januari 2024

 

CONTOH TEKS RAGAM BAHASA

 

1.      Teks 1

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan atas rahmat dan nikmat yang diberikan kepada kita sehingga bisa berkumpul di acara ini dalam keadaan sehat. Hadirin yang saya hormati, pidato yang akan saya sampaikan kali ini tentang menjaga

Selamat pagi, hadirin.

kebersihan. Tuhan sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan sesuatu yang ada padanya. Jadi, marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan, baik untuk diri kita maupun orang lain!

Hadirin, jika menjaga kebersihan lalu ditiru oleh orang-orang di dekat maka kita pun akan mendapat manfaatnya. Oleh karenanya, ajarkan sedini mungkin terhadap anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan! Harapannya agar kelak orang-orang di dekat kita selalu sehat, cerdas, dan suka berbuat kebaikan.

Hadirin yang berbahagia, demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Mudah- mudahan yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan. Mohon maaf apabila dalam menyampaikan terdapat banyak kesalahan. Terima kasih atas perhatian hadirin.

Sumber: infokekinian.com dengan perubahan.

 

 

 

Nama Teks

Ragam Bahasa

(Topik)

Ragam Bahasa

(Media)

Ragam Bahasa

(Penutur – Mitra Tutur)

 

 

 

 

 

Alasan :

 

 

 

 

Alasan :

 

 

 

 

 

 

Alasan:

 

 

2.      Teks 2

Turnamen-turnamen internasional lainnya. Ajang ini hanya dilaksanakan empat tahun sekali. Otomatis ketegangan, keinginan menjadi juara, dan targetnya pasti lebih berat. Dua wakil tunggal putra badminton Indonesia, yaitu Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, serta para wakil Indonesia lainnya di semua nomor harus berada dalam kondisi puncak dari segi fisik, teknik, maupun mental.

Olimpiade kali ini berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, yaitu dalam kondisi pandemi dan tidak banyak pertandingan. Jadi, sulit untuk memprediksi perkembangan lawan. Jika melihat hasil undian grup, seharusnya Jojo atau Ginting tidak akan menemukan kesulitan menghadapi lawan-lawannya. Peringkat mereka jauh di atas lawan-lawannya. Tantangan sebenarnya ada setelah itu. Para top seed siap menanti.

Sumber: jawapos.com/opini dengan perubahan

 

Nama Teks

Ragam Bahasa

(Topik)

Ragam Bahasa

(Media)

Ragam Bahasa

(Penutur – Mitra Tutur)

 

 

 

 

 

Alasan :

 

 

 

 

Alasan :

 

 

 

 

 

 

Alasan:

 

 

3.      Teks 3

Ada dua anak perempuan usia sembilan dan lima belas tahun di atas kereta kuda. Mereka memperhatikan para kuli yang beringsut membawa beban di belakang kereta yang terus melaju. Yang paling kecil dari gadis itu mendongak. Berbicara pada pemimpin rombongan, yang menilik dari wajahya, pastilah Ayah mereka.

"Kenapa Papa membiarkan mereka membawa barang-barang kita?" Si bungsu berkata pelan, menoleh berkali-kali ke belakang, wajahnya cemas.

"Memang itu pekerjaan mereka, Anna." Bukan Ayahnya yang menjawab, melainkan suara yang duduk di depan.

"Tapi lihatlah, Ma, mereka kurus-kurus dan ringkih. Bahkan Pak Tandi lebih besar dan gemuk dibanding mereka. Bagaimana kalau tasnya jatuh? Terguling masuk ke dalam laut." Mata si bungsu menyempit.

Ayah mereka tertawa mengulas kepala si bungsu, "Jangan kawatir, Anna. Mereka

lebih kuat dibandingkan yang terlihat. Mereka terbiasa membawa barang naik turun kapal. Tidak perlu dirisaukan. Satu yang paling kurus di antara kuli-kuli angkut, bisa membawa beban dua kali lebih banyak dibanding Pak Tandi, tukang kebun kita. Mereka juga sering membawa karung-karung barang dagangan kita."

 

Sumber: Rindu karya Tere Liye

 

Nama Teks

Ragam Bahasa

(Topik)

Ragam Bahasa

(Media)

Ragam Bahasa

(Penutur – Mitra Tutur)

 

 

 

 

 

Alasan :

 

 

 

 

Alasan :

 

 

 

 

 

 

Alasan:

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  CONTOH TEKS RAGAM BAHASA   1.       Teks 1 Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan atas rahmat...